Selasa, 03 April 2012

hasil forum silaturrohim guru tpq

Hasil forum silaturrahim ummi di SDIT Nurul Fikri Saimbang, sukodono sidoarjo pada
ahad 5 februari 2012
proker ummi satu semester kedepan yaitu :
§  Dalam Waktu dekat Ummi sidoarjo akan mengadakan TADARRUS Al – Qur’an bersama – sama yang berdasarkan wilayah masing – masing yang terdekat dengan kelompoknya/tempat/lembaganya yang dilaksanakan setiap 1 bulan sekali yang diperutukkakn untuk semua guru metode ummi missal sidoarjo 1 di al falah 2 tropodo, sidoarjo 2 di TPQ Nur kahfi.
§  Koordinasi bulanan pengurus.
§  Raker
§  Forum ummi setiap 2 bulan sekali yang wajib di hadiri kepala TPQ*(lembaga ) /koordinator Al – QUR’AN + 1 orang stafnya bersama sekabupaten
§  Munaqasah santri
§ 

Yang insya allah akan dilaksanakan 2 minggu setelah acara ini
 
Pendataan TPQ
§  Supervisi 9 pilar penjamin mutu metode ummi          lembaga
                                                                                   KBM
§  Festival  AL – Qur’an di akhir tahun 2012 se-indonesia yang sebelumnya dijaring secara internal terlebih dagulu sebelum dikirim ke nasional.
§  Tashih
§  Tahsin
§  sertifikasi
§  distribusi bukt









Supervisi 9 pilar system mutu metode ummi untuk LEMBAGA/TPQ
Aspek yang diamati meliputi :
1.    Goodwill management
§  tadarrus al – Qur’an bersama
§  kebutuhan alat peraga
§  kesejahteraan lembaga
2.    Sertifikasi guru
§  lembar daftar guru yang bersertifikat
3.    Tahapan baik & benar
§  lembar supervise
§  menerapkan 7 tahapan pembelajaran ummi
4.    Target jelas & terukur
§  lembar laporan perkembangan siswa
5.    Mastery learning
§  cara baca sesuai standat ummi atau belum yang dilakukan monitoring  perkelas yang dilakukan secara acak & untuk jilid paling tidak cara baca harus memenuhi standart mendekati 000 %
6.    Waktu memadai
§  jadwal pembelajaran 5 hari efektif tatap muka atau lebih dalam 1 minggu & tidak boleh kurang
7.    Kontrol intensif
§  sehari minimal setiap tatap muka minimal 75/90 menit
§  adanya coordinator Al – Qur’an
§  adanya control naik jilid
§  supervise internal
§  control koordinasi
8.    Rasio guru & siswa proporsional
§  jumlah antara guru dengan murid 1:10 atau 1:13
9.    Progress report setiap siswa
§  hasil munaqosaah siswa berupa lembar laporan
§  laporan khotaman
§  laporan perkembangan siswa setelah supervise lembaga/KBM (kegiatan be;ajar mengajar)


*      NB : MASING – MASING KOORDINATOR MENSUPERVISI INTERNAL TERLEBIH DAHULU SEBELUM DI SUPERVISI UMMI KABUPATEN

Supervisi PBM (proses belajar mengajar)
A.      Persiapan mengajar
1)     Administrasi pengajaran Al – Qur’an
Ø  Absen
Ø  Jurnal
Ø  Rekap hafalan
Ø  Kartu prestasi
Ø  Lembar nilai
2)     Persiapan/perencanaan pengajaran
Ø  Rencana program semester bulanan/mingguan(RPP) yang sesuai dengan pembelajaran
3)     Kebersihan & kerapian kelas
Ø  Alat – alat belajar itu rapi atau tidak setelah selesai pembelajaran
B.      Penampilan
a.       Teknik membuka atau menutup pembelajaran
Ø  Bagaiman sikap ketika berdo’a
Ø  Bagaimana cara baca do’anya apakah sudah sesuai lembaga/ummi/tidak, tartil & kompak atau tidak
Ø  Tertib atau tidak ketika baca do’anya
b.      Teknik penyampaian materi hafalan
Ø  Bacaan hafalan
Ø  Bagaimana mengulang & menambah materi jilid & hafalan
c.       Penguasaan materi
Ø  Cara guru menyampaikan materi pokok jilid, ghorib, tajwid, & koordinator harus juga menguasainya
Ø  Teknik menyampaiakan harus mudah, menyenangkan, & menyentuh hati atau tidak.
d.      Keterampilan menggunakan alat peraga
Ø  Posisi ketika menunjuk peraga sesuai yaitu di kanan peraga atau tidak
Ø  Cara menunjuk peraga
Ø  Proses mengajar peraga bisa kompak atau tidak.
e.       Keterampilan mengelola & menguasai kelas
Ø  Pengaturan tempat duduk apakah nyaman atau tidak
Ø  Suasana ketika PBM rileks atau tidak
Ø  Ketika Mengelola baca simak efektif atau tidak.

f.        Penggunaan bahasa  (pengakuan, perbaikan & lain – lain)
Ø  Bagaiman bahasa, pilihan kata, intonasinya  yang digunakan dalam mengajar sudah baik atau tidak.
g.       Performance/gaya mengajar
Ø  Pakaiannya rapi, meyakinkan & tidak mengkhawatirkan
h.      Tahapan - tahapan dalam pembelajaran
Ø  Mulai awal pembukaan pembelajaran sampai akhir pembelajaran urut atau tidakboleh individual atau klasikal baca simak
C.      Penilaian proses /hasil akhir
1.      Kualitas akhir bacaan siswa
§  Standarisasi bacaan yang dilewati anak ketika baca simak pada suatu kelompok atau kelas bagaimana.
2.      Pengelolaan/pembagian waktu
§  Dalam melaksanakan 7 tahapan itu bagaiman dalam pengelolaan waktunya.

NB: Untuk sertifikat ust atau ustadzah yang sudah expayed silahkan menghubungi ustad mustaqim & ditunggu sampai akhir bulan februari


















Proses pembelian buku ummi

1)    Ketika beli buku jilid harus membawa buku monitoring
2)    Kalau pesan buku telepon atau sms nya ke ust. Wahyudi (031)70328803 paling tidak dimulai dari hari senin & terakhir hari kamis
3)    Untuk daerah waru bisa diambil bukunya ke ust. Nurul atau ke masjid Al – Karomah buduran & smsnya tetap ke ust.  Iswahyudi atu juga bisa minta dikirim ke tempat pemesan dengan mengganti biaya transportnya atau bisa janjian di tempat lain.
4)    Adapun daftar harga buku
Daftar buku
Harga asal dari ummy
Harga ke santri
Buku pra – TK, jilid 1 –Tajwid, & ghorib
RP 5500
 RP  6500
Buku Waqof  Ibtida’
RP 8500

Buku ummi dewasa
RP 15500

Al – Qur’an Ummy
RP 38000

Peraga jilid 1 –Tajwid, & ghorib
RP 30000

Peraga pra-TK
RP 30000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar